Cara Mengatur Kaca Spion Mobil dengan Baik dan Benar

Cara Mengatur Kaca Spion Mobil dengan Baik dan Benar – Ada dua hal penting saat berkendara yaitu mengendalikan mobil dan juga memahami hal lain yang berkaitan dengan keselamatan. Salah satunya adalah mengantisipasi titik buta. Tidak sulit untuk melihat objek di depan mobil, tetapi mengetahui apa yang terjadi di samping dan belakang bisa berbeda. Untuk itulah diciptakan komponen penunjang keselamatan berkendara yang disebut dengan kaca spion.

Mengatur Kaca Spion Mobil

Beberapa Cara Mengatur Kaca Spion Mobil dengan Baik dan Benar

Duduk di Kursi Pengemudi

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk Mengatur Kaca Spion Mobil adalah dengan duduk di kursi pengemudi dan pastikan posisi kursi mobil dengan setir terkontrol dengan nyaman. Pastikan Anda juga memiliki sebuah akses kedalam rem, perpindahan gigi, dan juga akselerator.

Kaca spion tengah di depan, silakan bergerak perlahan dan pastikan dalam posisi tegak sehingga tidak perlu mengeluarkan kepala untuk melihat ke belakang. Dengan mengatur posisi spion tengah, Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga untuk memutar tubuh agar melihat ke belakang.

Area Blind Spot Tidak Akan Selalu Sama Persis Pada Setiap Kendaraan

Masalahnya, tidak semua area akan bisa terlihat dengan sangat jelas melalui kaca spion. Nah, area inilah yang kita kenal sebagai blind spot. Area yang berpotensi bahaya, terutama saat menikung atau menyalip kendaraan. Titik buta berbeda untuk setiap jenis kendaraan.

Maksimalkan Fungsi Ketiga Kaca Spion

Sebenarnya, blind spot juga bisa diminimalisir dengan cara menyetel ketiga kaca spion (kanan, kiri, dan tengah) dengan benar sebelum memulai sebuah perjalanan. Kaca spion kanan dan kiri sebaiknya diatur sedikit lebih lebar agar jangkauan pandang kedua arah lebih lebar dan hanya sedikit bagian belakang bodi mobil yang masih terlihat. Sedangkan kaca spion diatur sedemikian rupa sehingga Anda bisa melihat dengan baik kendaraan lain di belakang.

Saat hendak menyalip atau berbelok arah, jangan hanya melihat ke arah cermin saja. Anda juga harus melihat ke samping kendaraan, tentunya setelah menghitung jarak antara mobil Anda dengan kendaraan di depan. Hal ini agar kendaraan yang berada di area blind spot tetap bisa terlihat, apalagi jika yang berada di area tersebut adalah mobil atau motor kecil.

Apa Saja Cara Mengatur Kaca Spion Mobil dengan Baik dan Benar?

Pasang Kaca Spion Tambahan Atau Tipe Multivex

Banyak pengemudi mobil memasang kaca spion tambahan untuk melihat blind spot. Kaca spion tambahan ini biasanya berukuran kecil, agak cembung, dan menempel pada kaca spion utama di kanan dan kiri mobil. Pantulan kaca dengan efek cembung diklaim mampu melihat area dengan jelas. Tapi hati-hati, pemasangan yang salah bisa menyebabkan penyebarannya lebih banyak lagi.

Posisi kaca spion tambahan yang benar adalah di bagian atas sisi terluar dari kaca spion utama sehingga Anda bisa dapat melihat keduanya dengan sangat jelas. Jangan memasang spion tambahan di bagian bawah kaca spion utama karena akan membuat banyak objek tidak terlihat. Namun sebenarnya kaca spion tambahan hanya diperlukan jika kaca spion mobil Anda bukan tipe multivex. Kaca spion multivex memiliki sisi lengkung di bagian luar.

Sehingga mengurangi area yang mempengaruhi luas bidang pandang saat Anda berkendara. Bagaimana, cukup mudah bukan? Untuk itu, biasakan untuk memeriksa kaca spion setiap kali ingin berkendara. Mengambil beberapa menit untuk mencegah kecelakaan tentu lebih baik daripada harus berurusan dengan hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, Anda jangan pernah lupa untuk melakukan beberapa hal seperti berikut saat menyetel kaca spion:

  • Lakukan saat mobil berhenti.
  • Arahkan kaca spion kabin ke posisi paling tengah. Sehingga sudut pandang ke kiri dan ke kanan sama.
  • Untuk kaca spion, arahkan hingga tepat pada batas bodi mobil. Ini akan memperluas tampilan samping kendaraan.
  • Saat parkir mundur, arahkan spion kiri ke bawah, sehingga posisi ban terhadap tepi jalan atau pembatas terlihat. Di beberapa merek, langkah ini dilakukan secara otomatis oleh mobil.
  • Jangan gunakan mode malam untuk siang hari di cermin tengah.
  • Saat berjalan, biasakan untuk memeriksa lingkungan sekitar setiap 8-10 detik melalui kaca spion. Itulah ulasan tentang cara Mengatur Kaca Spion Mobil dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Exit mobile version