Tips Mengendarai Mobil Matic dengan Baik dan Benar

Tips Mengendarai Mobil Matic dengan Baik dan Benar – Stereotype mobil matic lebih mudah daripada mengendarai mobil dengan transmisi manual. Pernyataan tersebut memang ada benarnya, namun meski demikian bukan berarti menggunakan mobil matic tidak perlu keahlian. Padahal, mengendarai mobil matic juga membutuhkan keahlian. Terkait dengan hal tersebut, agar Anda bisa menggunakan mobil matic, ada beberapa cara yang perlu Anda perhatikan.

Tips Mengendarai Mobil Matic
Tips Mengendarai Mobil Matic

Beberapa Tips Mengendarai Mobil Matic dengan Baik dan Benar

Memahami Fungsi Tuas Transmisi atau Roda Gigi Pada Mobil Otomatis

Gear mobil matic merupakan spare part yang sangat penting pada mobil matic. Beberapa pengaturan transmisi seperti P, D, R, N, M, biasanya ada pada mobil matic. Anda diharapkan telah memastikan pemahaman tentang fungsi tuas transmisi, sehingga akan aman saat mengendarai mobil matic. Pemahaman ini juga berguna agar tidak terjadi kesalahan saat memindah gigi transmisi mobil matic. beriktu adalah tips Mengendarai Mobil Matic dengan baik dan benar:

Menggunakan Mode Mengemudi

Mobil matic terbaru sudah dilengkapi dengan fitur riding mode. Anda dapat memilih mode yang sesuai. Mode berkendara ini cocok untuk Anda yang ingin berkendara santai sambil mengendarai mobil matic. Jika Anda ingin berkendara dengan kecepatan tinggi, Anda dapat menggunakan mode sport. Mode berkendara ini akan membuat performa mobil matic lebih maksimal.

Pastikan Tuas Persneling Berada di Posisi yang Benar

Memastikan tuas transmisi pada posisi yang tepat merupakan salah satu cara paling penting untuk menggunakan mobil matic bagi pemula. Sebelum menyalakan mesin mobil, posisi gigi mobil matic ini harus di posisi P, dan atau bisa juga di posisi N. Pastikan juga gigi mobil matic tidak dalam posisi mundur atau huruf R. Tuas transmisi pada posisi ini berarti mobil akan mundur saat digerakkan. Mobil matic hanya bisa dihidupkan saat gigi mobil matic berada di posisi P atau N.

Hindari Menyalakan Mesin Secara Langsung

Saat mulai memasukkan kunci mobil matic ke dalam lubang, maka sebaiknya Anda jangan langsung menghidupkan mesin mobil. Namun, Anda harus memastikan untuk menunggu hingga jarum berputar dan indikator pada mobil telah diaktifkan dan/atau menyala.

Bagaimana Tips Mengendarai Mobil Matic dengan Baik dan Benar?

Biasanya pada beberapa jenis mobil matic yang ada pada saat ini, bunyi tersebut merupakan sebuah tanda bahwa mobil telah menyala dan listrik yang ada di dalam mobil juga telah menyala. Jika semua indikator aktif, maka Anda dapat menghidupkan mesin mobil otomatis.

Saat Menggerakkan Tuas, Tekan Pedal Rem

Saat mesin mobil matic dalam keadaan hidup, tindakan yang perlu anda lakukan adalah dengan memindahkan gigi mobil matic yang semula berada di posisi N atau P, ke posisi tuas transmisi D atau R.Namun saat anda memindahkan tuas transmisi ini harus disertai dengan tindakan menekan pedal rem. Tindakan ini digunakan untuk mencegah risiko kerusakan mesin.

Cara Menggunakan Transmisi Manual Pada Mobil Matic

Mobil matic dilengkapi dengan fitur mode manual. Cara mengoperasikan mode ini sangat mudah. Anda tidak perlu memindah gigi dan menginjak kopling seperti pada mobil pada umumnya. Cara menggunakan tuas transmisi manual adalah dengan memindah posisi gigi mobil otomatis pada simbol M atau mode manual. Jika  ingin memindah persneling mobil, maka Anda hanya perlu menggerakkan tuas (+) untuk menaikkan persneling, dan (-) untuk menurunkan persneling.

Sesuaikan Gear Mobil Matic dengan Kondisi Menanjak

Memilih transmisi yang tepat merupakan salah satu cara mengemudikan mobil matic. Transmisi mobil matic harus dalam kondisi transmisi terendah. Namun, ketika mobil matic mulai berjalan, maka Anda harus memastikan bahwa gigi yang dipilih dapat memberikan daya dorong pada mobil. Tuas transmisi otomatis perlu berada di posisi D ke atas (D2) saat menghadapi tanjakan.

Jika mobil matic Anda sudah memiliki mode tersebut, maka transmisi akan membuat mobil lebih bertenaga. Namun, jika kondisi jalan memiliki tanjakan yang sangat curam, maka transmisi mode D harus dipilih. D1 atau D dirancang untuk mengatasi medan yang ekstrem. Itulah ulasan tentang Tips Mengendarai Mobil Matic dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Leave a Comment