Waktu Terbaik untuk Ganti Oli Motor Matic

Waktu Terbaik untuk Ganti Oli Motor Matic – Penting diketahui bahwa mengganti oli motor merupakan hal yang harus dilakukan secara rutin. Apalagi bagi anda yang menggunakan motor matic, penggantian oli ini sangatlah penting. Manfaat dari mengganti oli pada motor matic ini antara lainnya adalah menjaga performa mesin agar selalu dalam kondisi paling prima.

Oli Motor Matic

Artinya setiap kali mengganti oli pada motor matic maka performa mesin yang dihasilkan juga lebih baik dan lebih nyaman saat digunakan. Namun, performa mesin ini juga akan ditentukan oleh jenis dan kualitas oli yang digunakan. Semakin baik kualitas oli, semakin baik kondisi mesin di masa depan. Manfaat lain dari mengganti Oli Motor Matic adalah menjaga kebersihan mesin.

Karena seringnya terjadi gesekan pada mesin yang memicu munculnya kotoran, maka oli yang tetap dalam kondisi baik sangat diperlukan. Jika tidak diganti, akan berakibat pada performa mesin kendaraan. Namun tak sedikit yang masih bingung kapan dan berapa jarak oli perlu diganti.

Waktu Ganti Oli Berdasarkan Jarak Tempuh

Setiap 2000 KM

Motor matic sudah mencapai jarak 2000 km, usahakan segera ganti oli dengan yang baru. Karena oli yang ada di motor dan sudah dipakai untuk jarak tempuh 2000 km sudah tidak layak pakai lagi karena bisa merusak komponen kendaraan. Oli baru akan menjaga kondisi motor matic Anda tetap prima sehingga tidak tiba-tiba mati saat digunakan.

Setiap 3000 KM

Saat mencapai jarak 3000 KM oli harus diganti dengan yang baru. Jadi sebaiknya sering-sering mengecek speedometer untuk melihat seberapa jauh jarak yang telah Anda tempuh, apakah sudah mencapai 3000 km atau belum. Jika sudah, segera ganti oli dengan yang baru. Biasanya motor yang sudah menempuh jarak hingga 3000 km ini sudah dipakai kurang lebih 2 bulan.

Jangan sampai jarak tempuh sepeda motor Anda melebihi 3000 km, ganti saja oli dengan yang baru. Hal ini akan membahayakan motor yang suatu saat bisa saja tiba-tiba mati mendadak. Jika Anda termasuk orang yang pelupa, coba buat catatan agar bisa mengganti oli motor secara rutin.

Ganti Oli Setiap 2 Bulan Untuk Mileage 20 – 50 KM

Mungkin Anda adalah tipe orang yang jarang keluar rumah, jadi tidak terlalu sering menggunakan sepeda motor, mungkin hanya 20 sampai 50 kilometer saja. Tapi itu bukan alasan bagi Anda untuk tidak mengganti oli dengan yang baru. Anda harus terus mengganti oli setiap 2 bulan.

Apa Waktu Terbaik untuk Ganti Oli Motor Matic?

Meski jarang digunakan sehari-hari, oli pada motor jika tidak segera diganti dapat merusak komponen kendaraan. Agar kendaraan selalu dalam kondisi yang sangat prima dan siap digunakan kapan pun dibutuhkan, Anda harus rutin menggantinya dengan oli baru.

Tanda Oli Motor Harus Segera Diganti

Anda harus lebih memperhatikan jika tanda atau kondisi sudah mulai muncul dan dirasakan. Dengan demikian perawatan oli motor akan maksimal dan motor bisa lebih awet. Apalagi mengingat oli motor matic yang memiliki sebuah peranan yang penting. Berikut tanda-tandanya:

Tarikan Terasa Berat

Tarikan berat ini terjadi karena Anda sering mengendarai sepeda motor di tengah kemacetan. Jadi jika Anda merasakan kondisi ini, Anda harus menggantinya dengan oli baru. Penyebabnya bisa karena Anda sering melewati kemacetan atau motor selalu dipaksa dengan kecepatan tinggi.

Kedua hal ini akan membuat oli motor terasa sangat panas sekali. Jangan sampai  membiarkannya terlalu lama, karena akan menyebabkan performa motor menurun. Alangkah baiknya Anda harus segera ganti oli motor sebelum terlambat dan terjadi sebuah kerusakan yang fatal.

Sering Melewati Jalan Menanjak

Anda bisa mengganti oli pada saat kendaraan sering dibawa melewati tanjakan. Pasalnya, jalan menanjak bisa membuat oli di kendaraan cepat panas karena terpaksa harus terus gas. Oleh itu, ada baiknya jika sering dibawa ke jalan menanjak, segera diganti dengan yang baru.

Anda memang harus memperhatikan satu hal ini. Jika sudah berulang kali dibawa di jalan menanjak, segera bawa motor ke bengkel untuk ganti oli. Itulah ulasan tentang waktu terbaik untuk ganti Oli Motor Matic yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Leave a Comment

Exit mobile version